Home / Uncategorized / Definisi Kata Jahat Ternyata Digambarkan Dengan Baik Oleh Burung Kedasih!

Definisi Kata Jahat Ternyata Digambarkan Dengan Baik Oleh Burung Kedasih!

Mungkin sedikit dari kamu yang mengetahui burung kedasih. Terang saja, pasalnya burung ini sudah masuk ke dalam daftar satwa yang nyaris punah. Burung ini memiliki habitat di hutan terbuka dan memiliki ciri warna punggung yang merah kecoklatan dengan dadanya yang berwarna putih-kuning disertai iris matanya yang merah. Selain nama kedasih, burung ini juga memiliki panggilan lain seperti wiwik kelabu, burung uncuing dan daradasih. Namun hal yang paling mencolok dari burung ini nyatanya bukanlah keindahannya, melainkan kebiasaannya yang dianggap sadis dan jahat. Bahkan melalui kehidupannya, masyarakat Indonesia mengenal burung ini sebagai mitos buruk dan menganggapnya sebagai burung pembawa kabar kematian. Penasarankan kenapa burung kecil ini dianggap sebagai simbol sifat jahat? Yuk kita ulas sampai tuntas!

Jika kita berpikir hewan tidak akan mudah selingkuh, maka pada kenyataannya anggapan tersebut salah besar! Berbeda dengan sifat burung merpati yang setia, burung kedasih ini cenderung memiliki sifat yang tidak puas dengan satu pasangan saja. Baik jantan maupun betina akan bergonta-ganti pasangan saat musim kawin. Setelah musim kawin selesai dan berlanjut untuk betina bertelur, maka saat inilah sifat jahat dan picik mulai dilakukan oleh burung kedasih. Burung kedasih jantan tidak memiliki rasa tanggung jawab dengan tidak membuat sarang dan pergi begitu saja meninggal burung kedasih betina yang sedang bertelur. Lalu apa yang akan terjadi dengan telurnya? Apakah induknya membangun sarang sendiri ketika dirinya akan bertelur? Jawabannya lagi-lagi tidak sesuai dengan harapan.

Induk kedasih tidak ingin repot-repot membuat sarang untuk anaknya. Mereka hanya akan menitipkan telurnya ke sarang burung lain yang memiliki ukuran sama dengannya. Ketika induk burung lain sedang mencari makan, maka pada saat itulah induk kedasih beraksi. Diam-diam dia akan menaruh telurnya dalam sarang tersebut. Bahkan terkadang dengan jahatnya induk tersebut menjatuhkan telur kandung milik induk burung yang dititipinya. Alasannya agar anak mereka dapat disayangi dan mendapatkan perhatian penuh dari induk angkatnya. Selepas menitipkannya apakah induk kedasih akan mengawasi perkembangan anaknya? Ternyata tidak seperti sinetron gaes! Mereka justru akan meninggalkannya tanpa dosa untuk mencari pasangan baru.

Setelah kepergian induknya, rupanya anak kedasih memiliki sifat jahat yang menurun dari orang tuanya. Mereka memiliki sifat egois, jahat dan ingin menguasai sarang tersebut dari saudara-saudara tirinya. Bahkan mereka tidak akan segan membunuh saudaranya agar bisa mandapatkan jatah makanan tanpa persaingan. Misalnya saat telur kedasih menetas duluan dibandingkan saudara-saudaranya, maka dia tidak akan ragu untuk menjatuhkan telurnya sampai hancur atau mematuknya hingga membusul dan ketika mereka menetas terakhir, mereka masih memiliki jiwa picik untuk membunuh kakak-kakaknya dengan cara apapun. Sikap jahat tersebut mereka lakukan tidak lain karena tidak ingin memiliki saingan saat induk angkatnya memberi makan. Selain itu, jika anaknya hanya tersisa satu burung kedasih, maka induk anak kedasih akan menjadi anak kesayangan dan paling dimanja. Picik banget kan?

Kamu pasti penasaran dong dengan kehidupannya ketika menginjak dewasa. Apakah induk angkatnya mendidik dengan benar hingga sifat jahatnya berubah atau kehidupannya mengikuti cara hidup induk angkatnya? Rupanya saat menginjak dewasa sifat jahatnya tidak berubah dan dia memiliki kehidupan yang kelam dan penuh dosa seperti orang tuanya.

Sekarang kamu tahu kan betapa jahatnya burung kedasih. Bahkan sifat jahatnya ini terlihat alami ketika sifat tersebut menurun pada anaknya. Wah kalau kenyataannya seperti itu sih wajar saja ya dibilang jahat dan tega. Pasalnya burung kedasih ini memang tega merepotkan burung lain hingga anaknya pun dengan jahatnya mengeliminasi anak-anak dari orang tua angkatnya. Jahat banget kan!

About Admin Real Muda Mudi

Check Also

Deretan Makanan Khas Indonesia Ini, Ternyata Merupakan Warisan Kuliner Dari Belanda!

Belakangan ini kuliner Indonesia memang sedang populer dan banyak digemari oleh turis asing. Terang saja, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar