Home / Uncategorized / Hati-Hati Saat Menggendong Bayi, Ini Resiko Buruk Yang Dapat Menyerang Si Kecil Saat Terjatuh Dari Pangkuan!

Hati-Hati Saat Menggendong Bayi, Ini Resiko Buruk Yang Dapat Menyerang Si Kecil Saat Terjatuh Dari Pangkuan!

Siapa sih yang tidak gatal ingin menggendong ketika melihat adik bayi? Bagaimana tidak? Mereka selalu melakukan tingkah lucu serta menggemaskan sehingga kita merasa ingin memeluknya dan menggendongnya setiap saat. Tapi ada yang perlu kamu ketahui nih, baik untuk ibu, kakak, bibi atau orang dewasa lainnya tentunya harus berhati-hati saat menggendong adik bayi.

Mendengar hal tersebut pasti kamu langsung berpikiran ‘tanpa diperingatkan juga hal itu pasti dilakukan’ bukan? Tapi meskipun sudah berpikiran begitu, nyatanya ketika sudah terjadi masih banyak yang menganggap enteng dan hanya mengusap-usap si bayi agar tidak menangis setelah jatuh. Padahal saat kejadian tersebut, kamu harus bergegas ke dokter untuk memeriksakan ada yang salah tidak dengan adik bayi. Pasalnya ada beberapa resiko sangat buruk yang akan menimpa mereka jika sampai terjatuh saat digendong. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita cek!
Ketika bayi terjatuh dari gendongan atau tempat tinggi lainnya hal yang dikhawatirkan akan menyebabkan cedera pada kepalanya. Terang saja, saat masih kecil bayi cenderung memiliki tengkorak yang belum kuat dan rentan retak saat terbentur. Maka dari itu, saat terjatuh situasi ini bisa menjadi hal yang patut diwaspadai. Masih untung kalau hanya benjol atau memar ringan, tapi kalau sampai salah satu organ dalamnya mengalami kerusakan tentu menjadi bahaya. Apalagi kalau hal tersebut tidak mendapatkan penanganan yang cepat, tentunya akan menjadi mimpi buruk bagi orang tua. Pasalnya seperti yang kita ketahui, cedera pada organ dalam kepala berpotensi mendapatkan dampak yang sangat buruk seperti kerusakan pada memori hingga gangguan saraf yang dapat menyebabkan kecacatan fisik. Hal ini karena otak yang terletak di kepala merupakan pusat yang menghubungkan segala hal dalam tubuh. Maka saat terjadi kesalahan pada area kepala, dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah yang serius.

Seperti yang sudah dijelaskan, kerusakan pada saraf dapat memicu timbulnya penyakit serius lainnya seperti gangguan penglihatan serta pendengaran, gangguan pertumbuhan dan perkembangan tubuh hingga kelumpuhan. Hal tersebut pastinya harus menjadi perhatian orang tua demi keselamatan dan masa depan adik bayi. Jangan sampai karena kecerobohan orang dewasa, adik bayi jadi mengalami hal buruk yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidupnya.

Selain berpotensi kerusakan di area kepala, terjatuh dari gendongan atau tempat yang cukup tinggi juga berpotensi membuat anak mengalami cedera serius hingga patah tulang. Wajar dong, untuk ukuran orang dewasa saja jika terjatuh dari tempat yang tinggi kemungkinan besar berpotensi mengalami patah tulang di beberapa bagian tubuh apalagi dengan adik bayi bukan? Pasalnya karena tubuh mereka masih sangat kecil, pangkuan atau tempat tidur pun dapat dikategorikan sebagai tempat yang cukup tinggi bagi mereka. Jadi pastikan untuk selalu berhati-hati ketika menggendong dan usahakan untuk tidak menempatkan adik bayi di atas kasur yang tinggi ya moms.

Terakhir, resiko yang paling buruk dari semua resiko tidak lain adalah kematian. Memang kemungkinan ini masuk ke kemungkinan kecil dan jarang terjadi. Namun meskipun begitu, kasus seperti masih ada yang dialami oleh beberapa orang tua yang ceroboh. Kematian tersebut dapat disebabkan akibat gegar otak, trauma otak dan lambatnya penanganan pertama.

Itulah beberapa resiko yang berpotensi dialami oleh adik bayi kalau mereka sampai terjatuh dari gendongan atau tempat yang tinggi seperti kursi tinggi, kasur, tangga atau tempat tinggi lainnya. Nah makanya moms, pastikan untuk selalu menomor satukan keselamatan si kecil serta harus ekstra waspada saat menggendongnya. Selain itu, pastikan selalu mengawasinya dan sebisa mungkin jauhkan mereka dari tempat yang tinggi ya moms!

About Admin Real Muda Mudi

Check Also

Deretan Makanan Khas Indonesia Ini, Ternyata Merupakan Warisan Kuliner Dari Belanda!

Belakangan ini kuliner Indonesia memang sedang populer dan banyak digemari oleh turis asing. Terang saja, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar