Home / Serba-serbi / Mengenal Geisha Lewat Film, Memoirs Of Geisha

Mengenal Geisha Lewat Film, Memoirs Of Geisha

Sebutan Geisha pasti tidak asing di telinga bukan? Pastinya bukan geisha band yang terkenal di Indonesia. Ketika ditanya tentang apa itu Geisha, orang akan menjawab ‘bukannya Geisha itu gadis penghibur dari Jepang ya?’. Sebagian besar masyarakat akan berpikir demikian, namun ada sisi lain yang perlu kamu ketahui tentang seorang geiha.

Pasti kamu pernah dengar atau mungkin sudah menonton film dengan judul Memoirs of Geisha. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul sama yang ditulis oleh Arthur Golden dan dirilis pada tahun 2005. Memoirs of Geisha berhasil memenangkan 6 nominasi dalam Academy Awards. Walaupun bukan diangkat dari kisah nyata. Namun film ini memberikan gambaran tentang kehidupan Geisha saat masih berjaya dan belum masuk ke masa kelamnya.

staticr1.blastingcdn.com

Memoirs of Geisha mengisahkan seorang gadis bernama Chiyo yang dijual oleh ayahnya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Chiyo dijual ke rumah geisha dan dijadikan pelayan. Karena kecantikannya yang menawan, nyonya besar di rumah tersebut ingin menjadikan Chiyo sebagai Geisha dan menyekolahkan dia ke sekolah khusus Geisha. Pada zamannya Geisha merupakan profesi yang paling diminati oleh para gadis di Jepang. Walaupun tetap saja menjadi wanita penghibur namun Geisha mempunyai kehidupan yang cukup dihormati pada masa sebelum perang dunia II. Setelah perang dunia II terjadi dan para pasukan lawan berhasil menguasai jepang para geisha mulai menginjak bisnis prostitusi yang bebas.

Lewat film tersebut kita jadi mengetahui bahwa Geisha bukanlah wanita penghibur biasa yang pada umumnya dipandang negatif. Tidak sembarang wanita bisa menjadi Geisha. Calon Geisha harus mempunyai keterampilan menari dan bermain shamisen (alat musik tradisional semacam kecapi) dengan baik. Harus anggun dan menawan, lemah lembut dan tidak serampangan. Bahkan untuk mengasah keterampilan tersedia sekolah-sekolah khusus yang nantinya akan melahirkan geisha berbakat.

japantimes.co.jp

Dalam bahasa Jepang geisha diartikan sebagai seniman atau orang yang terampil dalam seni tradisional Jepang seperti menari, menyanyi, bermain musik, dan ahli dalam tata cara upacara minum teh. Anggapan orang yang meyakini bahwa dunia Geisha pasti selalu melakukan pekerjaan seksual itu sedikit tidak benar. Faktanya seorang Geisha sejati jarang terlibat hubungan seperti itu dengan pelanggannya. Mereka benar-benar serius dalam mempelajari seni tradisional Jepang.

Geisha dapat terbebas dari tutornya setelah dia mempunyai pelindung atau biasa disebut danna. Pelindung inilah yang mampu menghidupi biaya hidup geisha berupa biaya kimono, sekolah dan lainnya.

Sampai sekarang profesi ini masih ada namun hanya sedikit orang yang menjadi geisha. Untuk bertemu pun harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Para geisha dapat ditemui di sekitaran Kyoto.

About Admin Real Muda Mudi

Check Also

Deretan Makanan Khas Indonesia Ini, Ternyata Merupakan Warisan Kuliner Dari Belanda!

Belakangan ini kuliner Indonesia memang sedang populer dan banyak digemari oleh turis asing. Terang saja, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar